jump to navigation

10 Pantangan dalam Merawat Bayi… December 17, 2009

Posted by noorzaza in Bayi, Uncategorized.
Tags: ,
trackback

Penting banget niy buat dinote… habisss… nadhiifa kan baru umur 1 bulan… makanyaaa bundanya setidaknya mesti tau tentang pantangan buat ngerawat bayi cantik itu ^_^ biar bisa ngerawat nadhiifa dengan bener en sebaik-baiknya…

Yah… biarpun cuma 10 pantangan… tapiii lebih baik ada kannn daripada ga sama sekali…

Cuplikan artikelnya niy yaaa…

Parents Guide Maret 2009

  1. Jangan perkenalkan dot. ASI adalah nutrisi terbaik bagi bayi. Berusahalah untuk menyusuinya dan ketika bayi Anda belajar menyusu, sebaiknya jangan memperkenalkan dot untuk menghindari ‘bingung’ puting.
  2. Tidak perlu selalu membedong bayi. Sesuaikan dengan kondisi cuaca. Sebaiknya hindari membedong bayi kala cuaca sedang panas. Selain dapat membuat bayi tidak nyaman, dimungkinkan pula hal tersebut dapat menimbulkan biang keringat di kulitnya.
  3. Bila ingin memandikannya, gunakan sabun khusus bayi, dan sesuaikan dengan kondisi kulit bayi. Bila kulit si kecil cenderung sensitif, pandai-pandailah memilih produk yang telah lulus uji klinis dermatologis – jika sabun mandinya dalam bentuk cair. Intinya, pilih yang cocok di kulit bayi Anda. Selain itu, sebelum memandikan bayi persiapkan dulu perlengkapan yang dibutuhkan. Misalnya, sabun, shampo, handuk, perlak, popok, dan pakaian. Tata dengan baik agar memudahkan proses saat mandi dan pasca mandi.
  4. Jangan gunakan air mandi dengan suhu yang terlalu panas, maupun terlalu dingin. Bayi merasakan panas maupun dingin lebih sensitif dari orangtua. Bila perlu Anda dapat membeli thermometer yang bisa mengindikasikan temperatur suhu air dalam bak mandi.
  5. Bila ingin menggunakan bedak tabur, pilih yang telah teruji secara dermatologis aman untuk kulit bayi yang sensitif, dan hentikan jika ternyata membuat kulit bayi alergi.
  6. Hindari penggunakan puff (alat yang biasa digunakan untuk mengambil dan meratakan bedak di tubuh bayi). Puff dikhawatirkan akan menghantarkan butiran bedak ke lubang hidung sehingga dimungkinkan mengganggu saluran pernapasan bayi. Terutama terhadap bayi yang memiliki bakat alergi kuat. Taburi saja bedak secukupnya ke telapak tangan Anda, lalu ratakan dengan telapak tangan lainnya – sebisa mungkin jauh dari hidung bayi- kemudian usapkan kedua telapak tangan Anda tersebut pada dada, perut, dan punggung bayi.
  7. Jangan abaikan pentingnya menyendawakan bayi. Menyendawakan bayi merupaan salah satu upaya untuk menenangkan tangisannya. Tidak menutup kemungkinan, asal ketidaknyamanan itu sebagai akibat kembung.
  8. Waspadai ruam popok. Berhati-hatilah kala membeli popok ‘sekali buang’, pastikan popok yang Anda pilihkan tidak akan membuat ruam popok. Sebaliknya, jika ruam mulai muncul hentikan penggunaan popok tersebut, dan coba ganti merek popok atau beralih sementara ke popok kain. Bila ruam berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter anak anda.
  9. Hindarilah membungkus tali pusat dengan daun-daunan atau benda apapun, jangan pula memberi salep atau bedak di sekitar tali pusar. Merawat tali pusar dapat dilakukan setelah bayi mandi/diseka-karena bayi tidak perlu mandi tiap hari-(2 kali sehari). Caranya : Basuhlah pangkal tali pusat dengan kain kasa yang diberi alkohol – bila dikehendaki, Biarkan tali pusat terkena udara dan kering
  10. Jangan abaikan tangisannya. Bahwa saat di dalam kandungan bayi merasa hangat, nyaman dan aman. Sedangkan, setelah ia dilahirkan bayi merasa nebhadu irang asing di dunia yang baru. “Ia menangis di antaranya karena membutuhkan rasa aman dan nyaman dari orang disekitarnya”. Sebaiknya Anda jangan mengabaikan tangisan buah hati Anda, karena mungkin ia hanya ingin didekap saja.

Nah, setelah membaca ke-10 pantangan dalam merawat bayi di atas semoga dapat membuat Anda lebih percaya diri kala bersama si buah hati. Jangan abaikan juga kecurigaan seputar kesehatan si kecil. Sebaiknya, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: