jump to navigation

Suplementasi Kala Hamil, Perlukah?… December 16, 2009

Posted by noorzaza in Kehamilan.
Tags: , , ,
trackback

Meskipun udah ngelahirin Nadhiifa en Ahnaf… cumaa… aku en misua siyyy insya allah masih pengen nambah anak lagi… yahh… kalo aku siyyy… pengennya punya anak minimal 3… kenapa?… habisss… pengalaman pribadi siyyy… kalo cuma 2 orang kayak aku en adek aku… huufff… sepiii banget rasanyaaa… yang bisa diandelin cuma satu-satunya sodara… hehehe…

Makanya… begitu ketemu artikel ini… mesti dinote deee… habisss… buat pengalaman melahirkan anak ke 3 ato ke 4 ntar… iyaaa… pengennya siy 3… cumaa kalooo kebobolan maksimal siyy cuma 4… asal jangan kebobolan sampe 14 ato 40 anak aja… hehehe…

Tau sendiri dong… kalo lagi hamil vitamin yang dikasiy dokter itu apa ajaaa… kadang-kadang sampe males minumnya… habisss… 3 kali sehari selama 9 bulan… kan lumayan ngebosenin juga… cumaa kalo ga diminum… pasti kita khawatirr kalo itu berpengaruh banyak terhadap bayi kita… belum lagiii… makanan yang menurut kita mesti dihindari… mending deee kalo emang ga doyan… lah kalo emang favorit… kannn nyesekk banget tuhhh mesti ngehindarin makanan favorit sampe 9 bulan…

Nah… di bawah ini siy cuplikan artikel tentang suplementasi en mitos… mudah-mudahan siyyy lumayan berguna yaaa…

Parents Guide Juli 2009

Kehamilan memang patut dirawat dan dijaga sebaik mungkin, termasuk memperhatikan asupan nutrisi demi tumbuh kembang janin yang optimal. Nah, benarkah saat hamil sebaiknya Anda juga mengkonsumsi berbagai macam suplementasi alias vitamin tambahan?

Yang pasti-pasti, yang lebih oke

Daripada Anda dihantui keraguan antara mengkonsumsi berbagai suplementasi atau tidak selama kehamilan, atau minum jamu-jamuan atau tidak, lebih baik Anda mengikuti tips berikut ini :

  1. Nutrisi yang tepat seimbang sangatlah baik untuk kehamilan yang sehat, wanita sebaiknya mengonsumsi nutrisi seperti folat, vitamin D, iodine, zat besi dan vitamin B12. Penuhilah semua itu dari nutrisi alami, kecuali bila dokter menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplementasi terkait, tapi tetap ikuti aturan makannya – jangan berlebihan.
  2. Wanita yang sedang merencanakan kehamilan dan sedang hamil sangat dianjurkan mengonsumsi kalsium sebagai cadangan kalsium untuk kekuatan tulang
  3. Konsumsilah makanan bergizi lengkap dan bervariasi : sumber protein, sayuran & buah.
  4. Patuhi jadwal makan dan jangan lupa sarapan
  5. Perbanyak konsumsi makanan segar serta yang banyak mengandung serat.
  6. Banyak minum air/jus buah, sekitar 8 gelas/hari

Mitos dan Fakta

  • Mitos : Saat hamil, wanita tidak boleh minum kopi tapi kalau teh boleh
  • Fakta : Sebenarnya baik kopi maupun teh sama-sama tergolong minuman berkafein. Mengonsumsi cafein berlebihan akan meningkatka resiko abortus dan kematian bayi mendadak.
  • Mitos : Banyak-banyaklah mengonsumsi vitamin A – kalau perlu dalam bentuk suplementasi – karena akan berdampak baik pada mata ibu dan janin
  • Fakta : Menurut dokter. Konsumsi vitamin A dengan dosis tinggi dapat mengakibatkan efek teratogenik “Intake vitamin A (retinol) dan bukan provitamin A (caretoniods) dapat menyebabkan cacat pada tengkorak, wajah, hati, ginjal, thymus dan susunan saraf pusat. Meski demikian, vitamin A dalam makanan biasanya berjumlah kecil. Oleh karena itu hindari suplementasi vitamin A melebihi dari yang direkomendasikan.
  • Mitos : Minumlah jamu-jamuan yang akan berdampak baik bagi janin, seperti membuat kulit bayi lebih putih, rambut lebih tebal
  • Fakta : The Cleveland Clinic Birthing Services and the Department of Obstetric & Gynecology berpendapat minuman atau suplementasi herbal – seperti jamu – belum terbukti secara ilmiah akan memberikan dampak positif kepada bayi. Sebaiknya, konsultasikan dulu mengenai rencana Anda mengonsumsi jamu-jamuan kepada dokter

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: