jump to navigation

Agar Si Kecil Mau Minum Saat Demam… December 7, 2009

Posted by noorzaza in Penyakit.
Tags: , ,
trackback

Dehidrasi artinya tubuh kekurangan cairan, penyebabnya adalah kehilangan cairan atau asupan cairan tidak cukup. Dehidrasi ini bisa dehidrasi ringan, sedang atau berat tergantung berapa banyak kekurangan, bila keadaan berlanjut bisa mengancam nyawa loh!

Gejala Dehidrasi

  • Mulut dan lidah kering
  • Buang air kecil hanya sedikit, berwarna kuning tua atau sama sekali tidak berkemih
  • Tidak ada air mata, mata cekung
  • Pada bayi ubun-ubun besar cekung

Tak Harus Air Putih

Sebenarnya kita tidak selalu harus memberi air putih. Jus buah yang sejuk, teh, cairan rehidrasi oral atau sop hangat juga bisa menjadi solusi bila anak menilak minum. Pokoknya berikan cairan yang rasanya cukup baik, aman untuk anak-anak, tidak mengandung soda atau bahan pengawet, dan juga tidak mengandung kafein atau terlalu manis karena dapat merangsang muntah. Pada bayi yang masih menyusui, tetaplah disusui sambil diberikan tambahan cairan bila dia sudah tidak ASI Eksklusif.

Pada anak demam, selain kehilangan cairan secara langsung, rasa tidak enak seperti mual, kehilangan selera makan atau pun keadaan yang sering menyebabkan demam seperti nyeri tenggorokan atau nyeri menelan menyebabkan asupan jadi berkurang.

Minum pada anak yang mengalami demam bisa mengatasi dehidrasi. Akan tetapi hanya bisa diberikan pada anak yang sakit ringan, atau bila dehidrasinya tidak berat, karena pada anak dengan dehidrasi berat, misalnya sampai keadaan lethargic (kecenderungan untuk tidur karena penurunan kesadaran) tidak mungkin diberi minum sehingga diperlukan pemberian cairan intravena (infus).

Jangan Panik!

Pada anak-anak dengan dehidrasi ringan sampai sedang umumnya mereka masih bisa minum, tetapi memang sulit karena mulut kadang terasa pahit, tidak enak di perut dan tidak semangat. Untuk itu orangtua tentunya harus menganjurkan anak untuk tetap mau minum.

Yang pertama kali harus dilakukan adalah jangan panik, bila anak masih aktif, mau bermain, serta masih mau minum walaupun sedikit, berarti masih bisa kita usahakan asalkan kita tenang. Memang, hal ini tidak gampang, karena rasa tidak enak ataupun keadaan yang menyebabkan demam seperti nyeri tenggorok menjadi kendala. Dianjurkan minum diberikan dalam jumlah sedikit-sedikit (memakai sendok atau syring) sesering mungkin dibandingkan kita berusaha memasukkan sejumlah besar cairan dalam sesaat. Minum terlalu banyak cairan dalam waktu singkat malah dapat menyebabkan muntah.

Tabloid Mom & Kiddie, Edisi 14 Tahun III

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: