jump to navigation

Wisata Edukatif Bali… March 4, 2011

Posted by noorzaza in Uncategorized.
add a comment

Hmmm… siapa siyyy yang ga kepengen ke Bali… walaupun jauh dari tempat tinggal di Jakarta… ato tempat eyang kung eyang ti nya di magelang… ato tempat nenek kakeknya di malang… cumaaaa… kalo ke Bali pasti pengen doonggg…

Tapiii… ke Bali bukan cuma ke Kuta aja niy… ternyata ada wisata edukatifnya juga… makanya dinote niyyy… biar pas kesana bareng ayah, ahnaf, en nadhiifa bisa mampirrrr… amiiinnn…

  • Sea Walker

Home Office : Jl. Pesonaku

January 4, 2010

Posted by noorzaza in Artikel.
Tags: ,
add a comment

Mesti dinote niyy… soalnyaa pengen ahnaf pas umur 2 tahun udah lancar membaca… hehehe… kalo sekarang siy… cuma bisa nunjuk gambar ajah… en ngerobekin buku-bukunya… cuma gpp deee… membiasakan anak dengan buku…

Oktober 2009

Mengingat perbendaharaan kosakata yang dikuasai batita mulai banyak, buku-buku yang bisa dibacanya pun makin bervariasi. Buku seperti apa sih yang mereka minati? Lantas bagaimana respon si batita saat Anda membacakannya cerita? Ini perlu diketahui agar Anda bisa lebih aware pada kemampuan dan minat baca si kecil!

Usia 12-24 bulan
Karena rasa keingintahuannya masih besar, tak jarang buku-buku yang disodorkan kepadanya coba dimasukkan ke dalam mulutnya atau menjadi robek. Sebaiknya berikan buku-buku yang terbuat dari kertas papan agar tidak mudah robek dan mudah dibersihkan atau bahan kain yang aman buat si kecil.

Si kecil lebih antusias jika Anda memberikan buku-buku bacaan berbentuk flip flop dan berisi banyak gambar seperti tokoh-tokoh kartun yang disukainya.

Batita Anda mungkin belum mengerti apa itu huruf, angka atau bentuk-bentuk geometris dasar. Tapi untuk merangsang rasa ingin tahunya, takada salahnya Anda mengenalkan kepadanya dengan perlahan-lahan. Ingat, tidak harus ada waktu khusus untuk membaca. Sebaiknya, buatlah suasana yang menyenangkan agar si batita tidak mudah bosan.

Usia 24-36 bulan
Pada usia tersebut, anak mulai bisa mengasosiasikan sesuatu dengan “membaca” bentuknya. Contoh : mengasosiasikan gambar bebek dengan tulisan “bebek”di lembar yang sama. Dia pun dengan cepat mengenali nama restoran cepat saji hanya dengan melihat lambangnya. Disini, anak sudah bisa membaca gambar atau lambang atau simbol. Sebaiknya, berikan buku bergambar lengkap dengan keterangan nama di bawahnya untuk merangsang anak membaca gambar atau tulisan.
Untuk menarik minat membacanya, sediakan buku-buku seperti puzzle, tentunya dengan potongan yang besar-besar dan warna-warna yang menarik. Anda dan si kecil pun bisa bermain tebak-tebakan kata, gambar atau angka. Sediakan pula buku-buku dengan cerita-cerita yang pendek-pendek dan mudah dipahami. Bila si batita mulai terlihat bosan saat dibacakan buku-buku cerita atau saat bermain dengan gambar dan tulisan, sebaiknya segera hentikan. Jangan Anda paksakan.

Wisata Edukatif Jogja December 24, 2009

Posted by noorzaza in Vacation.
Tags: ,
add a comment

Iya… iya… kemarin kan yang dinote sama aku itu wisata edukatif yang di Bogor ama Bandung… secara 2 kota itu emang deket dari Jakarta… jadi Insya Allah kapan-kapan sempet lahhh buat main-main ke sana…

Nah… sekarang yang dinote sama aku itu yang wisata edukatif yang di Jogjakarta… emang jauh siy jogja dari jakarta… cumaaa… eyang kung sama eyang ti nya ahnaf en nadhiifa itu ada di magelang… nahhh… magelang jogja kan deketttt bangeettt… jadiii Insya Allah kalo pas lagi liburan ke magelang sempet lahhh buat main-main ke sini…

  • Taman Pintar

Alamat : Jalan Panembahan Senopati, Yogyakarta

Telpon : (0274) 583713, 583631

Jam Buka : Selasa – Minggu pukul 09.00-18.00

Biaya

Masuk Gedung Oval : Rombongan dihitung per orang, anak-anak Rp. 5.000 orang dewasa (19 th ke atas) Rp. 10.000

Masuk Taman Bermain di bagian luar, gratis

Tempat wisata Taman Pintar ini didirikan untuk anak-anak Indonesia. Menikmati suasana yang menyenangkan bersama keluarga, lebih asyik jika dibumbui dengan nilai edukasi untuk buah hati Anda. Berdiri sejak Mei 2006 dan diresmikan pada 9 Juni 2007, Taman Pintar ini mempunyai motto “Mencerdaskan dan Menyenangkan”, setiap pengunjung khususnya anak-anak bisa memperdalam ilmu pengetahuannya dengan cara yang menyenangkan.

Di Taman Pintar ini, Anda bisamengajak si kecil untuk mencoba alat yang namanya Generator Van De Graff, dengan meletakkan kedua telapak tangan di atas logam yang berbentuk bulat seukuran bola sepak. Rambut di kepala akan berdiri tegak. Wiih, seru bukan?

  • Taman Wisata Kaliurang

Alamat : Jl. Kaliurang Km 26 Hargobinangun Pakem – Sleman Yogyakarta

Jam Buka : Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00

Biaya

Pintu masuk

Rp. 1.000 (dewasa + asuransi Rp. 250)

Rp. 500 (anak-anak + asuransi Rp. 250)

Mobil Rp. 10.000

Motor Rp. 5.000

Kolam Renang Rp. 3.500

Sepeda Kayuh Rp. 2.500

Jika Anda mencari kesejukan dan segarnya udara di kaki gunung, tempat wisata ini cocok sekali. Berada di kaki bukit Plawangan., di lereng sebelah selatan Gunung Merapi, sekitar 28 km utara kota Yogyakarta.

Taman wisata ini sangat tepat untuk dipilih untuk berwisata bersama anak-anak, karena terdapat arena bermain dan suaka alam. Buah hati Anda dapat menikmati suasana alam kaliurang. Pas sekali untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Selain itu, di Taman Wisata ini si kecil bisa bermain prosotan, ayunan, dan berenang di kolam renang mini.

Untuk menginap, tak usah khawatir. Di Taman Wisata Kaliurang tersedia berbegai vila atau bungalow dengan tarif yang terjangkau. Jadi, liburan ini akan lebih tidak pelru ragu lagi untuk berkunjung ke Kaliurang

Wisata Edukatif Bandung… December 24, 2009

Posted by noorzaza in Vacation.
Tags: ,
add a comment

Yap… sekarang note untuk wisata edukatif yang ada di bandung…
Mudah-mudahan bisa mampirr niy… ngebacanya asli mupeng habisssss…๐Ÿ˜€

Dan… yakin seyakin-yakinnya… kalo ahnaf en nadhiifa bakal seneng banget ada disini…

  • Rumah Stroberi

Alamat : Jl Cihanjuan Km 2.5 No 12-18 Cimahi – Bandung Jawa Barat

Telpon : (022) 6631234

Jam Buka : Jumat-Minggu pukul 08.00-19.00 WIB

Biaya :

Perorangan Rp. 5.000

Belajar budidaya Rp. 35.000

Permainan Rp. 5.000 – Rp. 15.000

Akses ke lokasi ini dari tol Baros (Padalarang Cileunyi) atau keluar dari pintu tol Padalarang ke jalan Cihanjuan. Letaknya cukup strategis karena berada di pinggir jalan. Setelah membeli tiket masuk, di pintu gerbang Anda akan disambut jus stroberi yang segar. Ajak anak-anak untuk menanam, memetik, dan panen buah stroberi di kebun stroberi nan hijau. Pengalaman ini akan melatih mereka agar mencintai tanaman dan gemar bercocok tanam. Pasti mengasyikkan!

Selain hamparan kebun stroberi, di lokasi ini terdapat arena outbond, kolam renang dan permainan tantangan rakit. Lelah berkebun dan bermain, manjakan diri Anda sejenak dengan menikmati kuliner di restoran atau kedai-kedai yang tersedia. Pilih saja, mau duduk-duduk di outdoor atau lesehan. Semuanya memiliki sensasi tersendiri.

  • Saung Angklung Udjo

Alamat : Jl. Padasuka 118 Bandung Jawa Barat

Telpon : (022) 7271714

Jam Buka : Senin – Minggu pukul 10.00 – 20.00 WIB

Biaya :

Daily performance Rp. 50.000

Program half day mulai Rp. 110.000

Cintailah budaya dan seni Tanah Air. Jika Anda dan keluarga jalan-jalan ke Bandung, singgah saja ke Saung Angklung Udji. Di sana Anda akan diajak membuat angklung bahkan disuguhkan pertunjukan angklung yang sangat memukau.

Letak SAU di Jalan Padasuka, Bandung. Jika dari pintu tol Pasteur, lokasinya sesudah perempatan tapi sebelum terminal Cicaheum. Gampang menemukan tempat ini dan masyarakat sekitar pastu mengarahkan Anda jika Anda tersesat.

Konser musik tradisional angklung adalah menu spesial di SAU. Sambil menikmati alunan musik angklung, boleh juga mengajak anak-anak melihat souvenir yang dijual atau minta diajarkan cara membuat angklung. Para Mamang atau Aรก disana pasti tidak keberatan untuk mengajar Anda dan keluarga.

10 Pantangan dalam Merawat Bayi… December 17, 2009

Posted by noorzaza in Bayi, Uncategorized.
Tags: ,
add a comment

Penting banget niy buat dinote… habisss… nadhiifa kan baru umur 1 bulan… makanyaaa bundanya setidaknya mesti tau tentang pantangan buat ngerawat bayi cantik itu ^_^ biar bisa ngerawat nadhiifa dengan bener en sebaik-baiknya…

Yah… biarpun cuma 10 pantangan… tapiii lebih baik ada kannn daripada ga sama sekali…

Cuplikan artikelnya niy yaaa…

Parents Guide Maret 2009

  1. Jangan perkenalkan dot. ASI adalah nutrisi terbaik bagi bayi. Berusahalah untuk menyusuinya dan ketika bayi Anda belajar menyusu, sebaiknya jangan memperkenalkan dot untuk menghindari ‘bingung’ puting.
  2. Tidak perlu selalu membedong bayi. Sesuaikan dengan kondisi cuaca. Sebaiknya hindari membedong bayi kala cuaca sedang panas. Selain dapat membuat bayi tidak nyaman, dimungkinkan pula hal tersebut dapat menimbulkan biang keringat di kulitnya.
  3. Bila ingin memandikannya, gunakan sabun khusus bayi, dan sesuaikan dengan kondisi kulit bayi. Bila kulit si kecil cenderung sensitif, pandai-pandailah memilih produk yang telah lulus uji klinis dermatologis – jika sabun mandinya dalam bentuk cair. Intinya, pilih yang cocok di kulit bayi Anda. Selain itu, sebelum memandikan bayi persiapkan dulu perlengkapan yang dibutuhkan. Misalnya, sabun, shampo, handuk, perlak, popok, dan pakaian. Tata dengan baik agar memudahkan proses saat mandi dan pasca mandi.
  4. Jangan gunakan air mandi dengan suhu yang terlalu panas, maupun terlalu dingin. Bayi merasakan panas maupun dingin lebih sensitif dari orangtua. Bila perlu Anda dapat membeli thermometer yang bisa mengindikasikan temperatur suhu air dalam bak mandi.
  5. Bila ingin menggunakan bedak tabur, pilih yang telah teruji secara dermatologis aman untuk kulit bayi yang sensitif, dan hentikan jika ternyata membuat kulit bayi alergi.
  6. Hindari penggunakan puff (alat yang biasa digunakan untuk mengambil dan meratakan bedak di tubuh bayi). Puff dikhawatirkan akan menghantarkan butiran bedak ke lubang hidung sehingga dimungkinkan mengganggu saluran pernapasan bayi. Terutama terhadap bayi yang memiliki bakat alergi kuat. Taburi saja bedak secukupnya ke telapak tangan Anda, lalu ratakan dengan telapak tangan lainnya – sebisa mungkin jauh dari hidung bayi- kemudian usapkan kedua telapak tangan Anda tersebut pada dada, perut, dan punggung bayi.
  7. Jangan abaikan pentingnya menyendawakan bayi. Menyendawakan bayi merupaan salah satu upaya untuk menenangkan tangisannya. Tidak menutup kemungkinan, asal ketidaknyamanan itu sebagai akibat kembung.
  8. Waspadai ruam popok. Berhati-hatilah kala membeli popok ‘sekali buang’, pastikan popok yang Anda pilihkan tidak akan membuat ruam popok. Sebaliknya, jika ruam mulai muncul hentikan penggunaan popok tersebut, dan coba ganti merek popok atau beralih sementara ke popok kain. Bila ruam berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter anak anda.
  9. Hindarilah membungkus tali pusat dengan daun-daunan atau benda apapun, jangan pula memberi salep atau bedak di sekitar tali pusar. Merawat tali pusar dapat dilakukan setelah bayi mandi/diseka-karena bayi tidak perlu mandi tiap hari-(2 kali sehari). Caranya : Basuhlah pangkal tali pusat dengan kain kasa yang diberi alkohol – bila dikehendaki, Biarkan tali pusat terkena udara dan kering
  10. Jangan abaikan tangisannya. Bahwa saat di dalam kandungan bayi merasa hangat, nyaman dan aman. Sedangkan, setelah ia dilahirkan bayi merasa nebhadu irang asing di dunia yang baru. “Ia menangis di antaranya karena membutuhkan rasa aman dan nyaman dari orang disekitarnya”. Sebaiknya Anda jangan mengabaikan tangisan buah hati Anda, karena mungkin ia hanya ingin didekap saja.

Nah, setelah membaca ke-10 pantangan dalam merawat bayi di atas semoga dapat membuat Anda lebih percaya diri kala bersama si buah hati. Jangan abaikan juga kecurigaan seputar kesehatan si kecil. Sebaiknya, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Wisata Edukatif di Bogor… December 16, 2009

Posted by noorzaza in Vacation.
Tags: , ,
add a comment

Baca majalah lama… ketemu artikel tentang smart vacation di Bogor, Bandung, Jogjakarta, Bali…

Ga semuanya dinote siyyy… habisss kebanyakan… jadi yang di note itu yang wisata edukatifnya aja… buat yang wisata shopping sama wisata kulinernya lain postingan aja dee… udah gitu… postingan kali ini spesial buat yang di bogor… yang kota lainnya… ntar aja kali yaaa… biar ga kepanjangan postingannya

Mupeng siy sama wisata edukatifnya… habiss kayaknya baguss banget… truss… kayaknya ahnaf en ayahnya bakal seneng banget dee kalo pergi kesana…

Bogor

  • Kebun Wisata Pasir Mukti

Alamat : Jl. Raya Tajur Pasir Mukti Km-4 Citeureup-Bogor

Telp (021) 87943864

Jam Buka : Setiap hari pukul 08.00 – 18.00

Kebun wisata ini jaraknya dari pintu tol Cibinomg – Citeureup kira-kira hanya 6 kilometer. Berkunjung ke Kebun Wisata Pasir Mukti, Anda dan keluarga akan diajak berwisata sambil belajar, seperti menanam buah, menyaring air, dan menanam padi. Melalui wisata agro yang mendidik dan menghibur, memberikan pengenalan dan pengetahuan pertanian bagi pengunjung, khususnya anak-anak.

Di kebun wisata ini, Anda dan anak-anak dapat menikmati beragam panorama dan kegiatan yang mengasyikkan, misalnya : Empat kolam pemancingan dengan jenis ikan bawal, emas, patin, dan gurame, jalan santai di antara ekbun buah lemong cui (jeruk Manado), belimbing, sawo, dll (fruty walk), tanaman anggrek dan tanaman hias dengan aneka dendro, phalaenopsis, cattleya, bromeliad, gusmania, dan lain-lain. Untuk anak-anak terdapat arena kolam lumpur tempat bermain di alam terbuka, lokasi outbond training yang asyik dan menangtang, dan area kempung yang luas serta asri. Jadi, acara berlibur Anda tidak membosankan, bukan?

Jika Anda dan keluarga ingin menginap, di Kebun Wisata Pasir Mukti tersedia pondok penginapan (cottage) dengan arsitektur Minahasa.

  • Wisata Alam Sentul City

Alamat : Taman Budaya, Jl. Siliwangi, Sentul City

Telp : (021) 87961579-80

Biaya :

Alam Fantastis

Perorangan : Rp. 8.000

Aneka Permainan : Rp. 4.000 – Rp. 6.000

Sentul Wonderland

Tiket Terusan Outbond : Rp. 60.000

Tiket Masuk Pengantar : Rp. 7.500

Fun Games Pengantar : Rp. 30.000

Tangkap Ikan : Rp. 250.000/Rombongan

Paket Ekowisata

Minimal 15 orang, Rp. 130.000

Termasuk snack, makan siang, fun games, transportasi, dan pemandu

Wisata outbond dan ekowisata mini letaknya di Taman Budaya Perumahan Sentul City, dulunya bernama Bukit Sentul. Aksesnya pun cukup mudah, dari tol Jagorawi arah Jakarta keluar saja pintu tol Sentul Selatan kemudian belok kiri ke arah Taman Budaya melalu Hypermart. Sebelum memasuki pintu masuk Wisata Alam Sentul City, mata Anda dibuai oleh panorama perumahan yang dihiasi pegunungan dan rimbunan pohon. Wow, suasana itu tidak akan Anda temukan di kota Jakarta

Di Wisata Alam ini, anak-anak dapat bermain di Alam Fantasia dengan ,encoba permainan seperti : bumper car, sky sycle, kiddy ride, Aladdin, slip car, trampoline, hingga bermain gokart. Sedangkan di area outbond, anak-anak ditantang untuk menaklukkan tantangan kolam pasir, halang rintang, rumah rimba, dan flying fox. Wah, pasti seru nih!

Ingin tantangan lagi? Yuk, ikut program penjelajahan, Anda akan diajak mengikuti 3 rute perjalanan, yaitu ke hutan pinus, air terjun dan kawah. Ada garis start sebagai batasan mulai perjalanan, lalu berjalan kaki melewati perkampungan, sawah, hutan pinus, air terjun Curug, Gunung Pancar, dan Kawah Merah

Semua fasilitas ini biasanya dibuka hari Sabtu-Minggu. Untuk paket outbond dapat diikuti perorangan hari Sabtu dan Minggu. Sedangkan paket ekowisata hanya untuk peserta dengan rombongan minimal 30 orang.

Suplementasi Kala Hamil, Perlukah?… December 16, 2009

Posted by noorzaza in Kehamilan.
Tags: , , ,
add a comment

Meskipun udah ngelahirin Nadhiifa en Ahnaf… cumaa… aku en misua siyyy insya allah masih pengen nambah anak lagi… yahh… kalo aku siyyy… pengennya punya anak minimal 3… kenapa?… habisss… pengalaman pribadi siyyy… kalo cuma 2 orang kayak aku en adek aku… huufff… sepiii banget rasanyaaa… yang bisa diandelin cuma satu-satunya sodara… hehehe…

Makanya… begitu ketemu artikel ini… mesti dinote deee… habisss… buat pengalaman melahirkan anak ke 3 ato ke 4 ntar… iyaaa… pengennya siy 3… cumaa kalooo kebobolan maksimal siyy cuma 4… asal jangan kebobolan sampe 14 ato 40 anak aja… hehehe…

Tau sendiri dong… kalo lagi hamil vitamin yang dikasiy dokter itu apa ajaaa… kadang-kadang sampe males minumnya… habisss… 3 kali sehari selama 9 bulan… kan lumayan ngebosenin juga… cumaa kalo ga diminum… pasti kita khawatirr kalo itu berpengaruh banyak terhadap bayi kita… belum lagiii… makanan yang menurut kita mesti dihindari… mending deee kalo emang ga doyan… lah kalo emang favorit… kannn nyesekk banget tuhhh mesti ngehindarin makanan favorit sampe 9 bulan…

Nah… di bawah ini siy cuplikan artikel tentang suplementasi en mitos… mudah-mudahan siyyy lumayan berguna yaaa…

Parents Guide Juli 2009

Kehamilan memang patut dirawat dan dijaga sebaik mungkin, termasuk memperhatikan asupan nutrisi demi tumbuh kembang janin yang optimal. Nah, benarkah saat hamil sebaiknya Anda juga mengkonsumsi berbagai macam suplementasi alias vitamin tambahan?

Yang pasti-pasti, yang lebih oke

Daripada Anda dihantui keraguan antara mengkonsumsi berbagai suplementasi atau tidak selama kehamilan, atau minum jamu-jamuan atau tidak, lebih baik Anda mengikuti tips berikut ini :

  1. Nutrisi yang tepat seimbang sangatlah baik untuk kehamilan yang sehat, wanita sebaiknya mengonsumsi nutrisi seperti folat, vitamin D, iodine, zat besi dan vitamin B12. Penuhilah semua itu dari nutrisi alami, kecuali bila dokter menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplementasi terkait, tapi tetap ikuti aturan makannya – jangan berlebihan.
  2. Wanita yang sedang merencanakan kehamilan dan sedang hamil sangat dianjurkan mengonsumsi kalsium sebagai cadangan kalsium untuk kekuatan tulang
  3. Konsumsilah makanan bergizi lengkap dan bervariasi : sumber protein, sayuran & buah.
  4. Patuhi jadwal makan dan jangan lupa sarapan
  5. Perbanyak konsumsi makanan segar serta yang banyak mengandung serat.
  6. Banyak minum air/jus buah, sekitar 8 gelas/hari

Mitos dan Fakta

  • Mitos : Saat hamil, wanita tidak boleh minum kopi tapi kalau teh boleh
  • Fakta : Sebenarnya baik kopi maupun teh sama-sama tergolong minuman berkafein. Mengonsumsi cafein berlebihan akan meningkatka resiko abortus dan kematian bayi mendadak.
  • Mitos : Banyak-banyaklah mengonsumsi vitamin A – kalau perlu dalam bentuk suplementasi – karena akan berdampak baik pada mata ibu dan janin
  • Fakta : Menurut dokter. Konsumsi vitamin A dengan dosis tinggi dapat mengakibatkan efek teratogenik “Intake vitamin A (retinol) dan bukan provitamin A (caretoniods) dapat menyebabkan cacat pada tengkorak, wajah, hati, ginjal, thymus dan susunan saraf pusat. Meski demikian, vitamin A dalam makanan biasanya berjumlah kecil. Oleh karena itu hindari suplementasi vitamin A melebihi dari yang direkomendasikan.
  • Mitos : Minumlah jamu-jamuan yang akan berdampak baik bagi janin, seperti membuat kulit bayi lebih putih, rambut lebih tebal
  • Fakta : The Cleveland Clinic Birthing Services and the Department of Obstetric & Gynecology berpendapat minuman atau suplementasi herbal – seperti jamu – belum terbukti secara ilmiah akan memberikan dampak positif kepada bayi. Sebaiknya, konsultasikan dulu mengenai rencana Anda mengonsumsi jamu-jamuan kepada dokter

Aku Mau Mainan Ma… December 15, 2009

Posted by noorzaza in Artikel, Balita.
Tags: ,
add a comment

Yah… maklum dee… punya 2 anak batita ituuu… rasanya pengeennnn aja ngebeli toko mainan ^_^… dari mulai sepeda… mobil-mobilan… soft book… gantungan… baby gym… segala macem deee… apalagi… tau sendiri de… mainan sekarang itu bervariasinya kayak gimana… aduh… bener-bener bikin mupeng deeee…

Cumaa… ternyata… tiap mainan itu ada batas umurnya lhooo… jadiii… biar ga salah beli niyyy… jadiii… mainan buat umur 5 tahun… udah kita kasih ke anak yang umur 1 tahun… mending deee… kalo bisa dimainin… kalo ternyata malah mesti masuk kotak mainan en malah rusak bagian-bagiannya… kan buang duit tuh…๐Ÿ˜€

Di bawah cuplikan artikelnyaa yaaa…

Juli 2009

Mainan Tepat agar Selamat

Memilih jenis mainan yang tepat bagi bayi Anda adalah hal paling penting agar si kecil gembira dan aman tentunya. Mainan bayi umumnya terbuat dari material lembut dan plastik murni untuk meminimalkan kemungkinan tergores, iritasi dan abrasi kulit bayi yang lembut

Mainan tersebut umumnya berwarna cerah dan kontras agar bisa ‘mencuri perhatian bayi’. Banyak mainan bayi menghasilkan suara sederhana untuk menarik perhatian anak kecil. Mainan yang dibuat untuk digigit juga banyak tersedia untuk membantu proses pertumbuhan gigi bayi.

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli mainan, ingatlah beberapa standar keamanan berikut ini untuk menjamin keselamatan bayi anda

  1. Bahan baku mainan tidak boleh menyebabkan iritasi atau luka pada bayi
  2. Mainan tidak boleh memiliki bagian-bagian yang bisa dipisah-pisahkan yang bisa tertelan oleh bayi.
  3. Bahan baku mainan tidak mengandung bahan penyebab kanker (karsiogenik)
  4. Mainan sebaiknya bisa dicuci untuk menjamin kebersihan
  5. Mainan sebaiknya merupakan produk perusahaan yang sudah mapan

Pilih-pilih Mainan

Saat memilih mainan kita harus menyesuaikan dengan umur bayi. Mengapa? Bayi berusia 0 sampai 12 bulan melewati berbagai tahapan yang membutuhkan mainan sesuai perkembangan usia mereka. Pada usia ini si kecil membutuhkan mainan yang mengasah kemampuan sensori motornya, yaitu : keseimbangan, penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, rasa, dan raba. Namun, mengingat kemampuan yang masih sangat terbatas, usia 0-12 bulan terbatas pada satu jenis sensori saja. Misalnya nih, saat kita mengenalkan warna, kita hanya akan mengasah penglihatannya saja. Ini dikarenakan si kecil belum mampu berintegrasi dengan kemampuan yang lain. Namun, seiring bertambahnya usia si kecil, kemampuan integrasinya akan semakin kompleks, sehingga kita dapat menambahkan kemampuan lain seperti kemampuan verbal atau kemampuan fisik.

Berikut adalah beberapa tahapan bayi yang perlu kita perhatikan saaat memilih mainan untuk si kecil:

0-1 Bulan : Inderanya masih sangat terbatas, ia akan lebih menyukai mainan dengan warna kontras yang cerah. Bunyi-bunyian dan mainan yang lembut akan lebih mereka sukai.

1-3 Bulan : Sedikit lebih dewasa dengan kemampuan motorik, bayi akan lebih menyukai mainan yang bisa dipegang dan dimainkan. Mainan plastik yang elastis dan bisa dibengkokkan atau elastis dengan bagian-bagian yang bisa digerakkan akan lebih mereka sukai.

3-6 Bulan : Saat ini, bayi mulai tumbuh gigi jadi dunia menjadi tempat menyenangkan untuk digigit-gigit! Mainan yang bisa dikunyah berbahan plastik atau karet (tidak terlalu kecil karena bisa tertelan), balok-balok dengan aneka warna dan mainan dengan beragam suara adalah mainan yang paling baik untuk menarik perhatian bayi.

6-9 Bulan : Pada umur ini, bayi umumnya mulai duduk dan merangkak. Jadi bola-bola berwarna dan mainan yang bisa bergerak yang akan merangsang bayi untuk mengejarnya adalah mainan yang bisa dibeli.

9-12 Bulan : Sekarang bayi sudah bisa bergerak maju dan dengan segala upaya meraih apa saja untuk membantunya berdiri dan mengeksplorasi sekitar.

Ayo Mainkan!

Memainkan mainan juga akan membantu bayi mengasah kemampuan motorik kasar mereka. Apa yang dapat Anda lakukan?

  • 1 Bulan : Gantunglah benda-benda yang bisa bergerak di atas tempat tidurnya, mainan binatang atau apa saja. Ketika dia bermain di atas karpet di lantai, gantung juga mainan miliknya. Mainan yang bisa bergerak dan mengeluarkan musik sangat tepat untuk si kecil
  • 2 Bulan : Pegangkan mainan bunyi-bunyian yang lembut dan buat dia gembira dengan berbagai variasi suara. Jangan lupa, saat ini si kecil juga menyukai cermin.
  • 3 Bulan : Berilah dia mainan yang jika diremas mengeluarkan berbagai suara binatang.
  • 4 Bulan : Bayi sudah bisa duduk. Perkenalkan buku pada bayi. Balikkan dan bacakan huruf-huruf yang tercetak besar keras-keras. Bayi juga mampu mengambil mainan dan melemparnya.
  • 5 Bulan : Mainan yang bisa menggelinding dan berbunyi akan merangsang bayi
  • 6-12 Bulan : Bayi mulai merangkak. Mainan mobil dan kereta api yang bisa bergerak akan mendorongnya aktif bermain. Saat ini si kecil belajar mengumpulkan mainan. Ini akan mempertajam kemampuan motoriknya dan akan membuat dia memahami bentuk, warna, dan ukuran.

Yang terpenting bagi orangtua adalah memandu dan menemani si kecil bermain. Berikan pujian saat ia berhasil menyelesaikan pekerjaannya. Ingatlah untuk tidak memaksa jika si kecil belum siap bermain karena waktu bermain adalah saatnya untuk bersenang-senang. Setuju bukan?

Asma pada Anak… December 15, 2009

Posted by noorzaza in Penyakit.
Tags: ,
add a comment

Bukannya berharap ahnaf dan nadhiifa itu kena asma yaaa… cuma artikel ini mesti diposting buat jaga-jaga ajaa… maklum… bunda en neneknya itu punya penyakit asma… jadiii… mudah-mudahan ajaaa siy mereka ga kena… cumaa mesti ada antisipasinya kannn?…

Parents Guide Mei 2009

Asma merupakan suatu penyakit saluran napas yang ditandai oleh 3 hal, yaitu: menciutnya saluran napas, pembengkakan selaput lendir yang berlebihan. Ketiga hal tersebut menyebabkan penyempitan saluran napas.

Penyempitan saluran napas tersebut menyebabkan anak sukar bernapas, batuk dan saat mengeluarkan napas terdengar suara “ngiik… ngiiik”yang disebut wheezing atau mengi. Bila anak kekurangan oksigen dapat terjadi kebiruan di sekitar mulut.

Tidak Selalu Sesak

Gejala asma tidak selalu sesak napas. Bila ada gejala batuk dan mengi yang timbul episodik, cenderung pada malam hari atau pagi hari, timbul secara musiman atau setelah aktivitas fisik maka anak harus dicurigai menderita asma. Seringkali disertai riwayat asma atau alergi pada keluarga.

Jadi bagaimana mendeteksi asma pada seorang anak? Inilah beberapa gejalanya.

  • Batuk berulang (3 kali atau lebih dalam 3 bulan terakhir)
  • Sering batuk terutama malam hari
  • Ada suara mengi saat anak mengeluarkan napas
  • Mengi berulang
  • Sesak napas berulang
  • Terbangun malam hari karena batuk atau sesak
  • Riwayat eksim, asma, atau penyakit alergi lain dalam keluarga

Keluarga Berperan

Jika Anda bertanya, apakan faktor keluarga dengan asma berperan? Inilah jawabannya

  • Ya, fakor genetik berperan. Di dalam keluarga anak asma biasanya ada beberapa anggota keluarga yang juga mempunyai asma, terutama asma tersebut berhubungan dengan alergi seperti dermatitis atopi/eksim atau rinitis/pilek atau alergi
  • Jika salah satu dari kedua orangtua menderita alergi, kemungkinan anaknya menderita alergi adalah 50% dan hal ini bertambah menjadi 75% bila kedua orangtuanya menderita alergi
  • Bila ada faktor genetik, faktor lingkungan lebih mudah mencetuskan asma

Hindari pencetusnya

Pada dasarnya anak dengan asma perlu dihindarkan dari pencetus yang diketahui menyebabkan serangan asma. Jadi perlu dihindarkan dari :

  • Tungau debu rumah
  • Lumut, di dapur atau kamar mandi
  • Binatang peliharaan terutama yang berbulu
  • Asap: asap rokok, asap pabrik, asap kendaraan bermotor
  • Kecoak
  • Bahan kimia semprot
  • Tepung sari bunga
  • Inveksi virus
  • Aktivitas fisik berlebihan, atau berlari-lari
  • Obat (aspirin)
  • Makanan tertentu: coklat, es, jajanan anak dengan zat pengawet, pewarna, bumbu
  • Emosi atau masalah psikologis

Bagaimana agar rumah “allergy free”?

  • Rumah berventilasi baik, sinar matahari masuk sehingga tidak lembab
  • Hindari penggunaan kasur kapuk, bulu atau bahan-bahan binatang (kulit), wol, insektisida dalam ruang tidur anak. Gunakan kasur spons/springbed
  • Tidak menggunakan karpet dan sejenisnya, wallpaper, bunga-bungaan kertas dan semua benda yang dapat menyimpan debu
  • Hindari boneka berbulu. Pada prinsipnya kurangi jumlah barang-barang dalam kamar tidur anak
  • Jangan pelihara binatang berbulu
  • Semua baju baru harus dicuci sebelum dipakai. Juga penutup kasur. Tidak boleh menyimpan/menggantung baju-baju yang tidaj terpakai. Baju dalam lemari dicuci setiap 2 minggu.

Kejadian asma meningkat diduga berhubungan dengan pola hidup dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan yang kurang bersih yaitu adanya polusi menyumbang peran yang tidak sedikit untuk terjadinya asma. Jadi, carilah lokasi perumahan yang jauh dari polusi untuk menghindarkan kejadian asma

Sebelum Membawa Pulang Obat… December 13, 2009

Posted by noorzaza in Artikel.
Tags:
add a comment

Pengalaman siy… selama ini… kita tuh selalu he eh aja sama obat yang dibawa dokter… padahalll sedikitnya kita tuh mesti tau sedikit lho… biar ga diboongin mulu ^_^…

Pernah niyyy… pas aku sakit cacar air… dibawa ke dokter kulit… ehhh… cuma dikasiy vitamin en salep anti bakteri… lahhh… setau aku… cacar air kan gara-gara viruss… masa dikasihnya salep anti bakteri… bukannya itu sama aja kayak sakit flu dikasih obat panu… ga nyambung doonggg…

Jadiii… setidaknya niy ya… meskipun aku bukan orang yang ngerti tentang kedokteran… tapi minimal sedikit tahu buat bekal untuk menggali informasi lebih dalam… en meminimalisasi kesalahan obat gara-gara dokter yang kurang teliti memberi obat…

Truss… kalo ternyata dokternya malah bete gara-gara kita terlalu banyak bertanya… hmmm… mending cari dokter lain aja deee… inget lhoo… taruhannya bukan cuma rasa ga enak dibetein sama dokter lhoo… tapiii menyangkut masalah kesehatan dan nyawa kitaa tuh…

Nah… di bawah ini cuplikan artikelnya yaaa…

Parents Guide Mei 2009

  1. Tanyakan diagnosis penyakit dalam istilah kedokteran, supaya anda bisa mencari tambahan informasi yang akurat
  2. Minta penjelasan mengenai apa penyebab penyakit, apa yang harus dilakukan, mengapa harus dilekaukan, kapan harus cemas, dan sebagainya
  3. Beritahu dokter bila sedang mengonsumsi obat lain, menderita suatu penyakit, mengonsumsi produk herbal, suplemen atau sedang menjalani terapi lain. Semuanya bisa saja berinteraksi dengan obat yang akan diberikan dokter.
  4. Saat dokter memberi resep, perhatikan tulisannya. Bila sulit dibaca, minta dengan sopan agar dokter menjelaskan obat yang dianjurkan tersebut satu per satu untuk mengetahui apakah anda memang memerlukan obat tersebut, apa kandungan aktifnya, bagaimana mekanisme kerjanya, indikasi dan kontra indikasi, serta efek samping dan cara mencegahnya.
  5. Hitung jumlah obat yang diresepkan dokter, termasuk jumlah yang ada di dalam puyer. Tanyakanlah apa saja obatnya.
  6. Bila perlu, konsultasikan lagi isi resep tersebut pada apoteker. Simpan resep tersebut setelah dtebus. Memiliki kopi resep sangat bermanfaat bilamana terjadi reaksi alergi atau efek samping obat.
  7. Sebelum periksa ke dokter, carilah informasi dari internet, koran, buku, dan majalah mengenai gejala penyakit yang diderita. Catat hal-hal penting. Di sana, anda bisa berdiskusi dengan membahas infornasu tersebut.